01
Jun
10

DEKANAT BERLAKUKAN MEKANISME JAM KOSONG ‘MASSAL’

DEKANAT BERLAKUKAN MEKANISME JAM KOSONG ‘MASSAL’

Sebagian mahasiswa senang dengan adanya jam-jam kosong saat dosen berhalangan untuk hadir. Sebagian dapat memanfaatkan momen itu untuk berdiskusi dengan teman sekelompok, mengerjakan tugas, atau bahkan hanya sekedar menggosip. Namun ada pula sebagian yang bingung untuk mengisi kekosongan sambil menunggu kuliah berikutnya.

Kebingungan itu bisa terjawab oleh program baru Fisipol. Mulai semester genap 2010, dekanat memberlakukan jam kosong setiap hari Kamis mulai pukul 09.30 – 12.00 WIB. Hal ini sebenarnya sudah diupayakan sejak semester ganjil 2009 yang lalu, tetapi baru bisa terealisasi pada awal semester ini. Kebijakan dimaksudkan agar mahasiswa dapat terintegrasi dengan baik. Lebih jauh menurut Hermin Indah Wahyuni, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, “Jam kosong ini bisa dimanfaatkan untuk mengasah softskill, mengadakan diskusi-diskusi lintas jurusan, dan raker (rapat kerja, red) bagi HMJ, BO maupun BSO. Sebelumnya program jam kosong bersama ini sudah dipraktekkan di Fakultas Ilmu Budaya UGM setiap hari Jum’at, bahkan dalam rentang cukup lama, yaitu dari pukul 07.00-13.00 WIB.

Selain ditujukan bagi mahasiswa, kebijakan ini berlaku bagi seluruh civitas akademika di Fisipol untuk mengadakan rapat baik di tingkat fakultas, RKF (Rapat Kerja Fakultas, red), maupun rapat di tingkat jurusan. Untuk itulah berbagai macam program telah disusun pada jam-jam kosong ini, bahkan dalam jangka waktu satu tahun ke depan. Agar tak ada yang memanfaatkannya untuk hal-hal sembarangan,” lanjutnya.

Sebagai launching, salah satu program dalam jam kosong massal adalah Open House Dekanat yang dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Maret 2010 pukul 09.30-12.00 WIB di Ruang Seminar I Fisipol. Meski acara sejenis tak selalu hadir di Kamis pagi, namun setidaknya intensitasnya akan dinaikkan agar Dekanat bisa mendengar langsung keluhan, kritik dan saran dari para mahasiswa. Sebagai hasil nyata, akan dilakukan crosscheck terhadap kebijakan apa yang seharusnya dipertahankan dan yang harus diganti.

Terkait minimnya informasi dan pengetahuan mahasiswa tentang kebijakan ini, Hermin mengungkapkan, “Sebelumnya kami dari pihak Dekanat telah melakukan sosialisasi terkait kebijakan baru ini kepada seluruh kepala staf di masing-masing bidang, hanya saja mungkin belum sempat menyampaikan kepada seluruh anggota staf sehingga sempat terjadi missed”. Menurutnya, dua minggu yang lalu atau awal Maret ini, pihak Dekanat telah mengumumkan kebijakan jam kosong bersama kepada HMJ, BO maupun BSO. Maka jika terjadi ketidaktahuan mahasiswa dan staf di Fisipol akan pengosongan jam, hal itu tidak akan berlangsung lama. (Ike)

Advertisements

0 Responses to “DEKANAT BERLAKUKAN MEKANISME JAM KOSONG ‘MASSAL’”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Rubrik

Kalender

June 2010
M T W T F S S
« May    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Kunjungan Anda

  • 10,608 klik

Temui kami di:

Gedung Yong Ma lantai 2, Jalan Socio-Justicia 1, Bulaksumur, Yogyakarta. Email: sintesapress@yahoo.com Facebook/ Group: Persma Sintesa/ Sintesa Press

%d bloggers like this: