01
Jun
10

DEKANAT FISIPOL ADAKAN OPEN HOUSE PERDANA

DEKANAT FISIPOL ADAKAN OPEN HOUSE PERDANA

Untuk pertama kalinya, Open House dan ruang temu muka dua arah antara Dekanat Fisipol UGM dan mahasiswa dilaksanakan. Acara yang digelar pada hari Kamis, 11 Maret 2010 pukul 09.00-12.00 WIB dihadiri oleh sekitar 50 orang mahasiswa. Bertempat di Ruang Seminar Fisipol UGM, forum tersebut dihadiri langsung oleh Dekan Fisipol UGM, Prof. Dr. Pratikno M.Soc.Sc, beserta Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni,S.IP, M.Si, Dr. Suharko S.Sos, M.Si, dan Arie Sujito S.Sos, M.Si.

Sudah sejak 1,5 tahun lalu, pihak fakultas merencanakan adanya forum temu semacam ini. Namun, hal tersebut baru bisa terealisasi. Pratikno mengatakan bahwa forum tersebut diadakan untuk lebih mendengarkan suara mahasiswa. Dekanat berusaha mengubah citranya yang selama ini cenderung tertutup dan minim sosialisasi menjadi lebih transparan.

Melalui forum tersebut pihak dekanat mengungkapkan rencana pembangunan gedung Fisipol UGM. Pembangunan yang akan dimulai pada bulan Mei 2010 ini mengundang berbagai tanggapan, kritik, maupun usulan positif mahasiswa. Pihak dekanat menyatakan bahwa selama pembangunan, kegiatan perkuliahan akan dimobilisasi ke Gedung Magister Administrasi Publik (MAP) ,Gedung Pusat Antar Universitas (PAU) dan sebagian tetap di gedung Fisipol UGM. Seluruh biaya pembangunan berasal dari anggaran dana yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Permasalahan lain yang juga disinggung dalam pertemuan adalah kacaunya pengelolaan portal akademik. Hermin menyatakan bahwa pihak Teknologi Informatika (TI) UGM tengah membenahi berbagai kendala tersebut. Masalah nilai yang belum keluar hingga masa pengambilan Kartu Rencana Studi (KRS) diselesaikan dengan memberikan nilai sementara.

Momen temu muka ini juga dimanfaatkan oleh mahasiswa yang berkesempatan hadir untuk mengajukan usulan, kritik dan saran. Diantaranya penerbitan jurnal mahasiswa Fisipol UGM, serta kritik mengenai informasi beasiswa dan penyediaan buku-buku perpustakaan ditujukan kepada pihak dekanat.

”Melalui forum seperti ini, pihak fakultas berusaha menampung dan merealisasikan usulan positif mahasiswa, contohnya usulan tentang penerbitan jurnal mahasiswa,” ucap Pratikno. “Sesuatu yang menarik dari forum ini adalah tentang kegelisahan mahasiswa semacam ini, yang sebenarnya telah menjadi agenda kebijakan dekanat sejak 1,5 tahun lalu. Kami sudah berusaha membenahi perpustakaan, serta mengusahakan seleksi beasiswa yang lebih ketat.” tambahnya.

Salah satu mahasiswa Jurusan Sosiatri ’07 menuturkan tanggapannya mengenai acara tersebut. “Melalui forum terbuka seperti Open House, dekanat bisa tahu uneg-uneg mahasiswa. Namun, saya kaget ketika dekanat mengumumkan pembangunan Gedung Fisipol. Mahasiswa baru diberi tahu setelah blue print nya sudah jadi.” tuturnya.

Berbagai informasi mengenai kebijakan dekanat yang selama ini sangat sulit diakses dan dikonfirmasi oleh mahasiswa sedikit terbuka melalui forum ini. Direncanakan, Open House Dekanat tidak akan berhenti sampai disini, namun secara fleksibel akan terus dilakukan untuk menjalin komunikasi dan saling pengertian antara mahasiswa dan dekanat. (Brita)

Advertisements

0 Responses to “DEKANAT FISIPOL ADAKAN OPEN HOUSE PERDANA”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Rubrik

Kalender

June 2010
M T W T F S S
« May    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Kunjungan Anda

  • 10,709 klik

Temui kami di:

Gedung Yong Ma lantai 2, Jalan Socio-Justicia 1, Bulaksumur, Yogyakarta. Email: sintesapress@yahoo.com Facebook/ Group: Persma Sintesa/ Sintesa Press

%d bloggers like this: