K.O.N.T.R.A.REVOLUSIONER

Pembaca yang terhormat, menjadi oportunis atau idealis adalah suatu pilihan sadar yang dibuat berdasarkan pertimbangan logis juga emosional. Ada pula yang menyatir, “Ini soal tawar-menawar ekonomi, dan perselingkuhan dengan politik.” Tentu tak menjadi masalah jika itu menyangkut pilihan personal. Namun apa jadinya jika pilihan itu membawa konsekuensi terhadap kepentingan publik?

Dalam edisi kali ini, Indikator mengulas mengenai posisi media yang menuai banyak kritik belakangan. Media dianggap telah melenceng jauh dari idealismenya semula. Pelaku media tak jarang mengesampingkan etika demi kepentingan internal media. Padahal media adalah corong untuk menyuarakan aspirasi khalayak dari berbagai strata sosial serta tak berlaku diskriminatif. Itu adalah salah satu fungsi media yang tak dapat digantikan, bahkan oleh lembaga perwakilan rakyat yang memiliki legitimasi sekalipun. Namun dalam perkembangannya, media semakin kehilangan rohnya sebagai penegak pilar keempat demokrasi. Demokrasi hanya menjadi sekadar lip service yang tertawar oleh kepentingan segelintir kelompok.

Ini pula yang kami tangkap dari realisasi demokrasi di kampus. Demokrasi sejatinya mampu menumbuhsuburkan dialektika yang menghasilkan sintesis yang berorientasi pada kepentingan civitas akademika UGM keseluruhan. Ini tidak akan terjadi jika aspek keterwakilan dari berbagai kepentingan tak terpenuhi. Proses demokrasi yang berjalan timpang nantinya akan menghasilkan hegemoni yang melanggengkan bentuk dominasi kelompok.

Di Yogyakarta (sebagai oposan Jakarta yang cenderung oportunis) yang segi idealismenya masih terjaga, posisi UGM sangatlah penting. Artinya kita memiliki beban tersendiri untuk mewujudkan demokrasi yang sebenar-benarnya. Dimulai dari penyelenggarakan badan eksekutif mahasiswa yang bebas dari kepentingan kelompok yang menafikan kepentingan publik UGM. Bagi mereka yang maju dengan berbaju eksklusivitas kelompok, kita teriaki saja: KONTRAREVOLUSIONER!

[Indikator, No.31/X/Desember/2009]


0 Responses to “Pohon Bodi (Semacam Editorial)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Rubrik

Kalender

July 2017
M T W T F S S
« Jun    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kunjungan Anda

  • 10,709 klik

Temui kami di:

Gedung Yong Ma lantai 2, Jalan Socio-Justicia 1, Bulaksumur, Yogyakarta. Email: sintesapress@yahoo.com Facebook/ Group: Persma Sintesa/ Sintesa Press

%d bloggers like this: